Jumat, 06 Maret 2020

Kisi-Kisi Soal Pas Sejarah Peminatan Kelas 10

Sahabat Guru seluruhnya pada postingan kali ini admin akan menyebarkan Kisi-Kisi Soal PAS Semester 1 Sejarah Peminatan Kelas 10 terhadap anda seluruhnya.


Sahabat Guru semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi Kisi Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 10

Kisi-kisi ini selaku contoh siswa dalam mempelajari soal Penilaian Akhir Semester Gasal nantinya.

Penulis dari kisi-kisi ini adalah Yeni Novianti, S.Pd dan Pardina S.Pd, kita ucapkan terimakasih pada ia berdua.

Pembuatan kisi-kisi ini telah disesuaikan dengan bahan pelajaran yang termuat dalam Kurikulum 2013.

Untuk file kisi-kisi dalam format Microsoft Word mampu anda unduh di bawah ini :

SIMPAN FILE

Adapun kisi-kisi tersebut selaku berikut :

Jenis Sekolah         : SMA

Alokasi Waktu : Menit

Mata Pelajaran : SEJARAH PEMINATAN          

Jumlah Soal         : 45butir

Kurikulum         : K-13

Penulis                 : 1.YENI NOVIANTI, S.Pd
                        2.PARDINA, S.Pd


No Urut
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas / Smt
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
X IIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami relasi insan dengan sejarah
Pilihan Ganda
1
2
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
Memahami rancangan  ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
2
3
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan insan dalam ruang dan waktu
Memahami bagian dalam konsep ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
3
4
Menganalisis kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan insan dalam perubahan dan keberlanjutan
Memahami insan dalam pergantian dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
4
5
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan insan dalam pergantian dan keberlanjutan
Memahami manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
5
6
Menganalisis kehidupan manusia dalam pergeseran dan berkelanjutan
X IIS / 1
Kehidupan kala kini ialah akibat perubahan dimasa lalu
Memahami Kehidupan kurun kini ialah akhir perubahan dimasa kemudian
Pilihan Ganda
6
7
Menganalis sejarah sebagai ilmu, kejadian, cerita, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, insiden, cerita, dan seni
Memahami pengertian sejarah
Pilihan Ganda
7
8
Menganalis sejarah sebagai ilmu, kejadian, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
8
9
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, dongeng, dan seni
X IIS / 1
Sejarah selaku ilmu, insiden, kisah, dan seni
Memahami Sejarah selaku ilmu
Pilihan Ganda
9
10
Menganalis sejarah selaku ilmu, kejadian, dongeng, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni
Memahami fungsi sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
10
11
Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, dongeng, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, kejadian, kisah, dan seni
Memahami sejarah selaku insiden
Pilihan Ganda
11
12
Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni
X IIS / 1
Sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
Pilihan Ganda
12
13
Menganalis sejarah sebagai ilmu, insiden, cerita, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah selaku ilmu, kejadian, cerita, dan seni
Memahami sejarah sebagai dongeng dan seni
Pilihan Ganda
13
14
Menganalisis kehidupan insan dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan insan dalam ruang dan waktu
Memahami desain  ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
14
15
Menganalisis kehidupan insan dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan
Memahami factor- factor yang menjadikan pergeseran dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
15
16
Menganalisis kehidupan manusia dalam pergantian dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan
Memahami factor- factor yang mengakibatkan pergantian dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
16
17
Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni
X IIS / 1
Sejarah selaku ilmu, kejadian, kisah, dan seni
Memahami ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
17
18
Menganalisis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, cerita dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, insiden, kisah dan seni
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
Pilihan Ganda
18
19
Menganalisis keterkaitan insan dengan sejarah
XIIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami kekerabatan  manusia dengan sejarah
Pilihan Ganda
19
20
Menganalisis keterkaitan insan dengan sejarah
X IIS/ 1
Manusia dengan sejarah
Memahami kekerabatan  insan dengan sejarah
Pilihan Ganda
20
21
Peserta latih memahami dan menguasai perihal :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Pengertian diakronik
Disajikan arti diakronik menurut hebat, penerima didik  mampu menganalisis pertimbangan para mahir
Pilihan Ganda
21
22
Peserta asuh mengerti dan menguasai wacana :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Model diakronik
Disajikan arti model diakronik, peserta didik mampu menyebutkan arti versi diakronik
Pilihan Ganda
22
23
Peserta  latih dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengertian tentang :
Konsep berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Konsep sinkronik dalam sejarah
Disajikan suatu insiden sejarah, akseptor asuh dapat menentukan konsep sinkronik atau diakronik dari insiden sejarah
Pilihan Ganda
23
24
Peserta bimbing mengerti dan menguasai perihal :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS / 1
Konsep berfikir diakronik
Disajikan data ciri-ciri konsep diakronik, penerima latih  mampu memilih ciri-ciri  desain berfikir diakronik
Pilihan Ganda
24
25
Peserta bimbing memahami dan menguasai wacana :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
 X IIS / 1
Aspek berfikir sinkronik
Disajikan aspek-faktor berfikir sinkronik, peserta asuh dibutuhkan mampu mengetahui wacana aspek berfikir sinkronik
Pilihan Ganda
25
26
Peserta latih mengerti dan menguasai perihal :
Bentuk/ jenis sumber sejarah
X IIS / 1
Sumber sejarah menurut sifatnya
Peserta ajar mampu mengetahui sumber sejarah menurut sifatnya
Pilihan Ganda
26
27
Peserta asuh memahami dan menguasai tentang :
-Bentuk/ jenis sumber sejarah
X IIS / I
Sumber sejarah menurut bentuknya (sumber benda)
Disajikan ilmu bantu sejarah, peserta latih dibutuhkan dapat mengetahui fungsi ilmu tersebut
Pilihan Ganda
27
28
Peserta bimbing bisa menganalisa tradisi mulut
X IIS/ 1
Fungsi tradisi verbal pada kehidupan penduduk praaksara
Disajikan  data fungsi tardisi verbal, akseptor latih mampu mengerti pertimbangan para hebat
Pilihan Ganda
28
29
Mengevaluasi  keunggulan dan kelemahan berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstur, nontekstur, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi mulut)
X IIS / 1
Sumber penelitian sejarah (sumber tertulis)
Peserta latih dapat mengerti macam-macam sumber sejarah (sumber tertulis)
Pilihan Ganda
29
30
Memahami langkah-langkah  penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS/ 1
Langkah-langkah dalam observasi sejarah
Peserta didik mampu memahami tindakan dalam penelitian sejarah
Pilihan Ganda
30
31
Memahami langkah-langkah  observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Kesalahan dalam heuristik
Peserta latih dapat memahami kesalahan yang harus dikesampingkan dalam heuristik
Pilihan Ganda
31
32

Memahami langkah-langkah  observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Aturan dalam  pengumpulan sumber
Disajikan hukum dalam pengumpulan sumber, penerima didik dapat mengidentifikasi  yang bukan termasuk dalam aturan pengumpulan sumber sejarah
Pilihan Ganda
32
33
Memahami tindakan  observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Verifikasi / kritik sumber
Disajikan pola kritik sumber, penerima ajar dapat menganalisis teladan kritik sumber tersebut (kritek intern dan ekstern)
Pilihan Ganda
33
34
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru
X IIS/ 1
Historiografi tradisional
Peserta ajar dapat mengidentifikasi bentuk historiografi tradisional
Pilihan Ganda
34
35
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
X IIS / 1
Historiografi kolonial
Peserta asuh mampu menganalisis  sifat historiografi  kolonial
Pilihan Ganda
35
36
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru
X IIS/ 1
Jenis-jenis sejarah
Peserta asuh mampu menganalisis jenis-jenis sejarah berdasarkan tujuan dan sifat yang terkandung di dalamnya.
Pilihan Ganda
36
37
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru
X IIS / 1
Historiografi nasional (terbaru)
Peserta bimbing mampu mengidentifikasi topik dalam pelatihan nasional
Pilihan Ganda
37
38
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk goresan pena atau media lain.
X IIS / 1
Sejarah nasional
Peserta asuh dapat menganalisis sejarah nasional
Pilihan Ganda
38
39
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain.
X IIS/ 1
Sejarah nasional
Peserta ajar dapat mengidentifikasi tujuan dari sejarah nasional
Pilihan Ganda
39
40
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain.
X IIS/ 1
Sejarah dunia
Peserta ajar dapat menganalisis  tentang pengertian sejarah dunia
Pilihan Ganda
40
41
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X  IIS/ 1
Kehidupan insan dalam ruang dan waktu
Memahami konsep  ruang dan waktu dalam sejarah
Essay
41
42
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, cerita, dan seni
X IIS / 1
Sejarah selaku ilmu, insiden, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai insiden
Essay
42
43
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
X IIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami kekerabatan  insan dengan sejarah
Essay
43
44
Peserta latih memahami dan menguasai perihal:
-pengertian sejarah
-ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah)
Siswa mampu menjelaskan macam-macam sumber sejarah
Essay
44
45
Peserta asuh dapat mengaplikasikan wawasan dan pengertian ihwal:
-Penulisan sejarah tradisional
- karakteristik naskah historiografi tradisional
X IIS / 1
Penulisan sejarah tradisional (historiografi tradisional)
Siswa mampu  merumuskan  karakteristik yang dimiliki naskah historiografi tadisional
Essay
45

Sumber https://panduandapodikmen.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)