Sahabat Guru seluruhnya pada postingan kali ini admin akan menyebarkan Kisi-Kisi Soal PAS Semester 1 Sejarah Peminatan Kelas 10 terhadap anda seluruhnya.
Kisi-kisi ini selaku contoh siswa dalam mempelajari soal Penilaian Akhir Semester Gasal nantinya.
Penulis dari kisi-kisi ini adalah Yeni Novianti, S.Pd dan Pardina S.Pd, kita ucapkan terimakasih pada ia berdua.
Pembuatan kisi-kisi ini telah disesuaikan dengan bahan pelajaran yang termuat dalam Kurikulum 2013.
Untuk file kisi-kisi dalam format Microsoft Word mampu anda unduh di bawah ini :
SIMPAN FILE
Adapun kisi-kisi tersebut selaku berikut :Jenis Sekolah : SMA
Alokasi Waktu : Menit
Mata Pelajaran : SEJARAH PEMINATAN
Jumlah Soal : 45butir
Kurikulum : K-13
Penulis : 1.YENI NOVIANTI, S.Pd
2.PARDINA, S.Pd
No Urut | Kompetensi Dasar | Bahan Kelas / Smt | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal | ||
1 | Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah | X IIS / 1 | Manusia dengan sejarah | Memahami relasi insan dengan sejarah | Pilihan Ganda | 1 | ||
2 | Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu | X IIS / 1 | Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu | Memahami rancangan ruang dan waktu dalam sejarah | Pilihan Ganda | 2 | ||
3 | Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu | X IIS / 1 | Kehidupan insan dalam ruang dan waktu | Memahami bagian dalam konsep ruang dan waktu dalam sejarah | Pilihan Ganda | 3 | ||
4 | Menganalisis kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan | X IIS / 1 | Kehidupan insan dalam perubahan dan keberlanjutan | Memahami insan dalam pergantian dan keberlanjutan | Pilihan Ganda | 4 | ||
5 | Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan | X IIS / 1 | Kehidupan insan dalam pergantian dan keberlanjutan | Memahami manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan | Pilihan Ganda | 5 | ||
6 | Menganalisis kehidupan manusia dalam pergeseran dan berkelanjutan | X IIS / 1 | Kehidupan kala kini ialah akibat perubahan dimasa lalu | Memahami Kehidupan kurun kini ialah akhir perubahan dimasa kemudian | Pilihan Ganda | 6 | ||
7 | Menganalis sejarah sebagai ilmu, kejadian, cerita, dan seni | X IIS/ 1 | Sejarah sebagai ilmu, insiden, cerita, dan seni | Memahami pengertian sejarah | Pilihan Ganda | 7 | ||
8 | Menganalis sejarah sebagai ilmu, kejadian, kisah, dan seni | X IIS/ 1 | Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni | Memahami sejarah sebagai ilmu | Pilihan Ganda | 8 | ||
9 | Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, dongeng, dan seni | X IIS / 1 | Sejarah selaku ilmu, insiden, kisah, dan seni | Memahami Sejarah selaku ilmu | Pilihan Ganda | 9 | ||
10 | Menganalis sejarah selaku ilmu, kejadian, dongeng, dan seni | X IIS/ 1 | Sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni | Memahami fungsi sejarah sebagai ilmu | Pilihan Ganda | 10 | ||
11 | Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, dongeng, dan seni | X IIS/ 1 | Sejarah sebagai ilmu, kejadian, kisah, dan seni | Memahami sejarah selaku insiden | Pilihan Ganda | 11 | ||
12 | Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni | X IIS / 1 | Sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni | Memahami sejarah sebagai kisah dan seni | Pilihan Ganda | 12 | ||
13 | Menganalis sejarah sebagai ilmu, insiden, cerita, dan seni | X IIS/ 1 | Sejarah selaku ilmu, kejadian, cerita, dan seni | Memahami sejarah sebagai dongeng dan seni | Pilihan Ganda | 13 | ||
14 | Menganalisis kehidupan insan dalam ruang dan waktu | X IIS / 1 | Kehidupan insan dalam ruang dan waktu | Memahami desain ruang dan waktu dalam sejarah | Pilihan Ganda | 14 | ||
15 | Menganalisis kehidupan insan dalam perubahan dan keberlanjutan | X IIS / 1 | Kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan | Memahami factor- factor yang menjadikan pergeseran dan keberlanjutan | Pilihan Ganda | 15 | ||
16 | Menganalisis kehidupan manusia dalam pergantian dan keberlanjutan | X IIS / 1 | Kehidupan manusia dalam pergeseran dan keberlanjutan | Memahami factor- factor yang mengakibatkan pergantian dan keberlanjutan | Pilihan Ganda | 16 | ||
17 | Menganalis sejarah selaku ilmu, peristiwa, cerita, dan seni | X IIS / 1 | Sejarah selaku ilmu, kejadian, kisah, dan seni | Memahami ciri-ciri sejarah sebagai ilmu | Pilihan Ganda | 17 | ||
18 | Menganalisis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, cerita dan seni | X IIS / 1 | Sejarah sebagai ilmu, insiden, kisah dan seni | Memahami sejarah sebagai kisah dan seni | Pilihan Ganda | 18 | ||
19 | Menganalisis keterkaitan insan dengan sejarah | XIIS / 1 | Manusia dengan sejarah | Memahami kekerabatan manusia dengan sejarah | Pilihan Ganda | 19 | ||
20 | Menganalisis keterkaitan insan dengan sejarah | X IIS/ 1 | Manusia dengan sejarah | Memahami kekerabatan insan dengan sejarah | Pilihan Ganda | 20 | ||
21 | Peserta latih memahami dan menguasai perihal : -cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah | X IIS/ 1 | Pengertian diakronik | Disajikan arti diakronik menurut hebat, penerima didik mampu menganalisis pertimbangan para mahir | Pilihan Ganda | 21 | ||
22 | Peserta asuh mengerti dan menguasai wacana : -cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah | X IIS/ 1 | Model diakronik | Disajikan arti model diakronik, peserta didik mampu menyebutkan arti versi diakronik | Pilihan Ganda | 22 | ||
23 | Peserta latih dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengertian tentang : Konsep berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah | X IIS/ 1 | Konsep sinkronik dalam sejarah | Disajikan suatu insiden sejarah, akseptor asuh dapat menentukan konsep sinkronik atau diakronik dari insiden sejarah | Pilihan Ganda | 23 | ||
24 | Peserta bimbing mengerti dan menguasai perihal : -cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah | X IIS / 1 | Konsep berfikir diakronik | Disajikan data ciri-ciri konsep diakronik, penerima latih mampu memilih ciri-ciri desain berfikir diakronik | Pilihan Ganda | 24 | ||
25 | Peserta bimbing memahami dan menguasai wacana : -cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah | X IIS / 1 | Aspek berfikir sinkronik | Disajikan aspek-faktor berfikir sinkronik, peserta asuh dibutuhkan mampu mengetahui wacana aspek berfikir sinkronik | Pilihan Ganda | 25 | ||
26 | Peserta latih mengerti dan menguasai perihal : Bentuk/ jenis sumber sejarah | X IIS / 1 | Sumber sejarah menurut sifatnya | Peserta ajar mampu mengetahui sumber sejarah menurut sifatnya | Pilihan Ganda | 26 | ||
27 | Peserta asuh memahami dan menguasai tentang : -Bentuk/ jenis sumber sejarah | X IIS / I | Sumber sejarah menurut bentuknya (sumber benda) | Disajikan ilmu bantu sejarah, peserta latih dibutuhkan dapat mengetahui fungsi ilmu tersebut | Pilihan Ganda | 27 | ||
28 | Peserta bimbing bisa menganalisa tradisi mulut | X IIS/ 1 | Fungsi tradisi verbal pada kehidupan penduduk praaksara | Disajikan data fungsi tardisi verbal, akseptor latih mampu mengerti pertimbangan para hebat | Pilihan Ganda | 28 | ||
29 | Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstur, nontekstur, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi mulut) | X IIS / 1 | Sumber penelitian sejarah (sumber tertulis) | Peserta latih dapat mengerti macam-macam sumber sejarah (sumber tertulis) | Pilihan Ganda | 29 | ||
30 | Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah) | X IIS/ 1 | Langkah-langkah dalam observasi sejarah | Peserta didik mampu memahami tindakan dalam penelitian sejarah | Pilihan Ganda | 30 | ||
31 | Memahami langkah-langkah observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah) | X IIS / 1 | Kesalahan dalam heuristik | Peserta latih dapat memahami kesalahan yang harus dikesampingkan dalam heuristik | Pilihan Ganda | 31 | ||
32 | Memahami langkah-langkah observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah) | X IIS / 1 | Aturan dalam pengumpulan sumber | Disajikan hukum dalam pengumpulan sumber, penerima didik dapat mengidentifikasi yang bukan termasuk dalam aturan pengumpulan sumber sejarah | Pilihan Ganda | 32 | ||
33 | Memahami tindakan observasi sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah) | X IIS / 1 | Verifikasi / kritik sumber | Disajikan pola kritik sumber, penerima ajar dapat menganalisis teladan kritik sumber tersebut (kritek intern dan ekstern) | Pilihan Ganda | 33 | ||
34 | Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru | X IIS/ 1 | Historiografi tradisional | Peserta ajar dapat mengidentifikasi bentuk historiografi tradisional | Pilihan Ganda | 34 | ||
35 | Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern | X IIS / 1 | Historiografi kolonial | Peserta asuh mampu menganalisis sifat historiografi kolonial | Pilihan Ganda | 35 | ||
36 | Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru | X IIS/ 1 | Jenis-jenis sejarah | Peserta asuh mampu menganalisis jenis-jenis sejarah berdasarkan tujuan dan sifat yang terkandung di dalamnya. | Pilihan Ganda | 36 | ||
37 | Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru | X IIS / 1 | Historiografi nasional (terbaru) | Peserta bimbing mampu mengidentifikasi topik dalam pelatihan nasional | Pilihan Ganda | 37 | ||
38 | Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk goresan pena atau media lain. | X IIS / 1 | Sejarah nasional | Peserta asuh dapat menganalisis sejarah nasional | Pilihan Ganda | 38 | ||
39 | Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain. | X IIS/ 1 | Sejarah nasional | Peserta ajar dapat mengidentifikasi tujuan dari sejarah nasional | Pilihan Ganda | 39 | ||
40 | Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain. | X IIS/ 1 | Sejarah dunia | Peserta ajar dapat menganalisis tentang pengertian sejarah dunia | Pilihan Ganda | 40 | ||
41 | Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu | X IIS/ 1 | Kehidupan insan dalam ruang dan waktu | Memahami konsep ruang dan waktu dalam sejarah | Essay | 41 | ||
42 | Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, cerita, dan seni | X IIS / 1 | Sejarah selaku ilmu, insiden, kisah, dan seni | Memahami sejarah sebagai insiden | Essay | 42 | ||
43 | Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah | X IIS / 1 | Manusia dengan sejarah | Memahami kekerabatan insan dengan sejarah | Essay | 43 | ||
44 | Peserta latih memahami dan menguasai perihal: -pengertian sejarah -ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah) | X IIS / 1 | Ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah) | Siswa mampu menjelaskan macam-macam sumber sejarah | Essay | 44 | ||
45 | Peserta asuh dapat mengaplikasikan wawasan dan pengertian ihwal: -Penulisan sejarah tradisional - karakteristik naskah historiografi tradisional | X IIS / 1 | Penulisan sejarah tradisional (historiografi tradisional) | Siswa mampu merumuskan karakteristik yang dimiliki naskah historiografi tadisional | Essay | 45 |
Sumber https://panduandapodikmen.blogspot.com
EmoticonEmoticon