Selasa, 03 Maret 2020

Kisi-Kisi Soal Pas Ekonomi Kelas 10

Pada postingan kali ini admin akan menyebarkan file yang berisikan Kisi-Kisi Soal PAS Ekonomi Kelas 10 Semester 1.

Dengan begitu admin berharap Bapak/Ibu guru Mapel Ekonomi bisa mempunyai acuan dalam menciptakan kisi-kisi soal.

Jumlah soal yang termuat dalam kisi-kisi ini berjumlah 40 butir soal dengan versi tes Pilihan Ganda.

Karena selaku pola anda bisa mengedit isi dari kisi-kisi ini agar mampu sesuai dengan keinginan anda masing-masing.

Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh di bawah ini :

SIMPAN FILE

Sedangkan untuk kisi-kisinya ialah sebagai berikut :

Jenis Sekolah: Sekolah Menengan Atas

Alokasi Waktu : 90 Menit 

Mata Pelajaran: EKONOMI

Jumlah Soal: 40  butir

Kurikulum : K - 13

No Urut

Kompetensi Dasar/

Kampuan yang diuji

Materi

Level Kognitif

Bahan Kelas / Smt

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

1

 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi

 

 

 

 

Deskripsi ilmu ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

Inti masalah pokok ekonomi

 

 

 

Prinsip, motif dan tidakan ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kebutuhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ilmu ekonomi Syariah

C1

 

 

 

C1

 

 

 

 

C2

 

 

 

C3

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

 

 

C2

X/ 1

Disajikan pernyataan ekonomi siswa dapat memilih pemahaman ilmu ekonomi.

Disajikan pernyataan ilmu ekonomi siswa dapat memilih pembagian ilmu ekonomi.

Disajikan pernyataan problem ekonomi siswa dapat menentukan inti persoalan ekonomi.

Disajikan pernyataan kegiatan ekonomi siswa dapat menentukan motif ekonomi.

Disajikan pernyataan kegiatan ekonomi siswa dapat memilih Prinsip ekonomi produsen

 

 

Disajikan pernyataan kebutuhan manusia siswa dapat menentukan aspek-faktor yang mempengaruhi keperluan hidup insan.

Disajikan pernyataan keperluan insan siswa dapat memilih jenis-jenis keperluan berdasarkan tingkat intensitasnya

Disajikan pernyataan alat pemuas kebutuhan siswa mampu memilih alat pemuas keperluan dari sisi cara memperolehnya

Disajikan data biaya yang muncul dari beberapa pilihan siswa mampu mengkalkulasikan ongkos peluang

Disajikan pernyataan skala prioritas dan pengelolaan keuangan siswa dapat menentukan aspek yang mensugesti skala prioritas.

Disajikan pernyataan perilaku insan dalam menyanggupi kebutuhan hidup siswa mampu memilih prinsip ekonomi syariah.

Disajikan kemajuan ekonomi di dunia siswa mampu mentukan faedah ekonomi syariah.

 

 

Pilihan Ganda

1

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

12

2

Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi dan tata cara ekonomi

Masalah pokok ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem ekonomi

C2

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan masalah pokok ekonomi siswa mampu menentukan duduk perkara pokok ekonomi klasik.

 

Disajikan pernyataan masalah pokok ekonomi siswa dapat memilih problem pokok ekonomi terbaru.

 

Disajikan pernyataan metode ekonomi dunia siswa dapat menentukan ciri-ciri sistem ekonomi terpusat/komando.

 

Disajikan pernyataan sistem ekonomi dunia siswa mampu menganalisis kelebihan sistem ekonomi pasar/liberal

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan sistem ekonomi dunia siswa dapat menentukan asas dan landasan metode perekonomian Indonesia.

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

14,15

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18,19

3

Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peran pelaku-pelaku ekonomi dalam aktivitas perekonomian

C3

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C4

 

Disajikan pernyataan proses buatan oleh produsen siswa mampu menganalisis  faktor-aspek bikinan

 

Disajikan data peubahan produksi 1 input berganti siswa dapat mengkalkulasikan marginal buatan (MP)

 

Disajikan data produksi sebuah perusahaan siswa dapat menghitung biaya total ( TC ) buatan

 

Disajikan data produksi suatu perusahaan siswa dapat menganalisis perolehan laba usaha.

 

Disajikan pernyataan penyaluran barang dan jasa siswa mampu menentukan faktor-aspek yang menghipnotis distribusi

 

Disajikan pernyataan sikap pelanggan siswa dapat mengidentifikasi teori perilaku konsumen pendekatan ordinal.

 

Disajikan contoh konsumsi manusia dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat menentukan pola konsumsi berdasarkan hukum Gossen I.

 

Disajikan tugas pelaku-pelaku ekonomi siswa mampu memilih Peran pelaku ekonomi rumah tangga konsumsi( pelanggan).

 

Disajikan gambar circular flow diagram siswa dapat menganalisis kekerabatan antar pelaku ekonomi

 

20,21

 

 

 

 

 

22

 

 

 

23

 

 

 

 

 

24

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

26

 

 

 

27

 

 

 

 

 

28

 

 

 

 

 

29,30

4

Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

Permintaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penawaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terbentuknya keseimbangan pasar

 

 

Pasar

C1

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

C4

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

C1

 

 

 

C4

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

Disajikan pernyataan konsep usul siswa dapat memilih faktor-faktor yang mempengaruhi usul.

 

Disajikan pernyataan permintaan barang dan jasas siswa dapat memilih ciri-ciri kurva seruan.

 

Disajikan data harga dan jumlah barang siswa dapat mengkalkulasikan fungsi usul.

 

Disajikan pernyataan tindakan pedagang dalam memberikan barang dan jasa siswa dapat memilih faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran( Supply).

 

Disajikan data harga dan jumlah barang siswa mampu menghitung elastisitas penawaran

 

Disajikan data seruan dan penawaran siswa mampu menghitung harga keseimbangan

 

Disajikan pernyataan rancangan pasar siswa mampu memilih syarat-syarat pasar.

 

Disajikan pernyataan struktur pasar siswa mampu menentukan ciri-ciri pasar persaingan tepat.

Disajikan pernyataan bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna siswa dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pasar kompetisi tidak tepat.

 

31

 

 

 

 

32

 

 

 

33

 

 

 

 

34

 

 

 

 

 

35

 

 

36

 

 

 

 

37

 

 

38

 

 

 

 

39,40



Sumber https://panduandapodikmen.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)