Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun 2019 telah dikerjakan sementara waktu yang kemudian. Tentunya beberapa akseptor ajar beserta orang renta dan guru ingin tau dengan pembahasan USBN bahasa Indonesia Sekolah Dasar tahun 2019 dan kunci jawabannya.
Apabila Anda belum mengetahui soalnya seperti apa, mampu diunduh pada halaman Kumpulan soal cobaan sekolah berstandar nasional jenjang Sekolah Dasar. Pada halaman tersebut ditambahkan pula banyak sekali latihan soal yang relevan untuk tahun pemikiran terbaru.
Pembahasan USBN Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 2019
Berikut ini pembahasan diikuti dengan kunci balasan Bahasa Indonesia SD untuk tahun 2019, dikenal dengan USBN Bahasa Indonesia jenjang SD dengan sumber soal dari kumpulan soal latihan USBN tahun 2020:
Pembahasan 1 sampai dengan 10
- Makna kata sutradara yakni orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas duduk perkara artistik dan teknis dalam pementasan drama, pengerjaan film, dan sebagainya.
(A) - Antonim kata keruh yakni jernih.
(D) - Tanaman talas sangat sesuai ditanam saat musim hujan sebab tumbuhan talas menerima air yang cukup untuk perkembangan.
(D) - Kalimat utama terletak diawal atau diakhir tergantung kalimat yang lebih umum.
(A) - Ide pokok diambil dari kalimat utama paragraf tersebut yaitu bantu-membantu musim panen.
(B) - Ringkasan paragraf tersebut ialah tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat untuk menyembuhkan rabun, sariawan, dan sembelit.
(A) - Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu dikala jam istirahat, para siswa berkunjung ke perpustakaan.
(B) - Paragraf tersebut tergolong jenis paragraf persuasi alasannya pada tamat paragraf terdapat usul.
(D) - Hal yang hendak terjadi jikalau sebagian besar siswa tetap berkomunikasi dengan surat ialah budaya menulis surat semakin berkembang.
(A) - Persamaan kedua teks tersebut ialah isu peristiwa.
(A)
Pembahasan 11 hingga dengan 20
- Isian pada tabel tersebut harus mengamati teks dengan seksama.
(C) - Usaha yang dilakukan Gilang ialah menyisakan uang jajan dan membantu pamannya berdagang kue.
(B) - Setelah matahari terbenam menawarkan waktu malam hari.
(D) - Tokoh Gora memiliki tabiat teledor, yang mempunyai arti tidak cermat.
(D) - Makna kata bunglon pada cerita tersebut yaitu tidak tetap pendiriannya.
(B) - Makna kias jendela ialah wahana (alat atau fasilitas untuk mencapai suatu tujuan)
(D) - Akhir dongeng tersebut yaitu Avin mengganti bola lampu di kamar adiknya.
(B) - Amanat kisah tersebut ialah kita harus mematuhi hikmah orang lain.
(A) - Maksud dari pernyataan yang dicetak tebal ialah Sintia merasa bersalah sebab tidak mematuhi hikmah ibunya.
(C) - Kesimpulan kisah tersebut ialah ketidakpatuhan dapat menjadikan kesusahan.
(A)
Pembahasan 21 hingga dengan 30
- Peristiwa yang mau terjadi jika Sinta mematuhi nasihat Ibunya untuk secepatnya mengembalikan buku yaitu buku PKN-nya tidak akan hilang.
(B) - Nilai susila aktual yang mampu diambil dari kisah tersebut terdapat pada akhir cerita yaitu meminta maaf saat melaksanakan kesalahan.
(C) - Keteladanan yang mampu dicontoh dari tokoh Langit yaitu mau mengakui kesalahan dan meminta maaf.
(D) - Zat kimia yang dipakai untuk membasmi gulma ialah herbisida.
(C) - Ungkapan yang tepat untuk memperlihatkan hasil karya puisi adalah buah pena.
(D) - Dalam dongeng tersebut tokoh Andi memperlihatkan perilaku tidak bertanggung jawab mirip peribahasa lempar kerikil sembunyi tangan.
(A) - Urutan yang tepat penggunaan oven kompor ialah 3 – 5 – 1 -2 – 4
(C) - Kunci untuk menjawab terletak pada kalimat selanjutnya yang menunjukkan para pembeli gampang mencari jenis barang. Hal ini menawarkan penataan yang baik membuat lebih mudah pembeli.
(C) - Kata yang memiliki persamaan dengan pisahkan sampah yakni memilah sampah.
(B) - Kalimat sebelumnya membahas wacana sampah, sehingga opsi kalimat selanjutnya juga berhubungan dengan sampah.
(B)
Pembahasan 31 sampai dengan 40
- Kalimat pertama dan kedua dihubungkan dengan kata taman. Kalimat kedua dan ketiga dihubungkan dengan kata air mancur. Kalimat terakhir dihubungkan dengan flora teratai.
(A) - Dua kalimat yang diberikan awalan dan akhiran penulisannya digabung.
(B) - Perbaikan tata kalimat mesti sesuai susunan subjek-predikat-objek-informasi.
(A) - Kata yang tepat untuk memperbaiki paragraf tersebut adalah menumpang, menggendong, menggandeng.
(A) - Kata tidak baku yang digunakan pada paragraf tersebut adalah tehnis -> teknis, aktifitas -> aktivitas, piranti -> peranti.
(C) - Penggunaan tanda baca yang tidak sempurna adalah tanda seru dan tanda koma.
(B) - Tanda baca yang tepat untuk menawarkan alamat atau lokasi yakni koma.
(C) - Penulisan nama masakan tidak memakai aksara kapital.
(B) - Penulisan nama orang dan nama tempat menggunakan aksara kapital.
(C) - Penulisan tanda baca yang sempurna yakni (,), (,), (-), (.).
(A)
Pembahasan 41 sampai dengan 45
- Orang renta mampu melakukan dua cara biar bawah umur terpesona dengan sayuran, diantaranya:
– Membuat olahan sayuran yang yummy dan mempesona.
– Mengenalkan jenis sayuran dan manfaatnya. - Membuang sampah di sungai dapat menyebabkan timbulnya banyak sekali macam penyakit. Salah satu penyakit yang mampu timbul yaitu gatal-gatal pada kulit. Selain itu, membuang sampah di sungai dapat merusak habitat ikan. Jika ikan-ikan mati maka mata pencaharian masyarakat sekitar menjadi hilang.
- (6) Lubangi bab ujung kelapa muda!
(3) Tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah!
(1) Belah kelapa muda menjadi dua bab!
(4) Keruk daging kelapa muda menggunakan sendok!
(2) Masukkan daging ke dalam wadah yang berisi air kelapa muda!
(5) Tambahkan larutan gula merah dan es watu seperlunya! - Kesalahan penggunaan istilah dan perbaikannya:
invlasi -> inflasi
industry -> industri
export -> ekspor
import -> impor
infestasi -> investasi - Anton mengajukan pertanyaan, “Di mana letak Gang Kelinci, Bu?”
“Oh, letaknya di dekat Jalan Merpati Putih, Nak.”
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon