Beberapa waktu kemudian pemerintah melalui BSNP telah menerbitkan kisi-kisi cobaan nasional jenjang SD yang diberi nama kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Setiap guru telah menjadi kewajiban untuk melakukan analisis kisi-kisi IPA agar dapat melakukan pemetaan materi yang sempurna untuk diberikan pada akseptor didik.
Untuk melaksanakan analisis kisi-kisi IPA sayangnya tidak semua guru memiliki waktu yang cukup alasannya beban kerja yang bermacam-macam mirip menjadi pengurus asset sekolah maupun bendahara sekolah. Sehingga pada peluang ini kami menghadirkan analisis kisi-kisi IPA untuk USBN yang dapat digunakan bapak dan ibu guru.
Analisis Kisi-Kisi IPA USBN SD
Berikut ini lingkup materi sesuai dengan kisi-kisi kemudian dijabarkan menjadi beberapa indikator yang dimungkinkan sesuai dengan lingkup bahan tersebut.
1. Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
Ekosistem bahari : Plankton > ikan kecil > ikan besar > hiu
Ekosistem sungai : Plankton > ikan kecil > ikan gabus > ular
Ekosistem hutan : Rumput > rusa > serigala > pengurai
Ekosistem kebun : Jambu > ulat > kutilang > ular
Ekosistem sawah : Padi > belalang > katak > ular > elang - Menentukan organisme yang dapat menduduki bab pada rantai masakan yang tidak lengkap.
- Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai masakan yang disuguhkan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu unsur dalam rantai masakan punah atau berkembang dengan pesat.
2. Hubungan antar makhuk hidup
- Memberikan acuan korelasi yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
MUTUALISME | KOMENSALISME | PARASITISME | AMENSALISME |
saling menguntungkan | satu untung, satu tidak untung/tidak rugi | satu untung, satu rugi | satu rugi, satu tidak untung/tidak rugi |
1. Lebah dengan bunga 2. Kerbau dan burung jalak selengkapnya baca disini. | 1.Anggrek dengan tanaman inang 2.Paku tanduk rusa dengan pohon inang selengkapnya baca disini. | 1.Tali putri dengan pohon inang 2.Benalu dengan flora inang | 1.Jamur penisilin dengan basil |
- Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada sebuah ekosistem menurut ilustrasi pola yang diberikan.
Simbiosis | Contoh | Alasan terjadinya relasi antar makhluk hidup |
Mutualisme | kerbau dengan burung jalak | burung jalak menerima makanan kutu yang melekat di tubuh kerbau, sedangkan kerbau menjadi higienis |
Komensalisme | anggrek dengan pohon mangga | anggrek mendapat tempat untuk hidup, sedangkan pohon mangga tidak menerima keuntungan apapun |
Parasitisme | tali putri dengan teh-tehan | tali putri mendapatkan masakan dari teh-tehan, sedangkan flora teh-tehan dirugikan sebab sebagian nutrisinya diserap tali putri |
Amensalisme | jamur penisilin dengan bakteri | jamur penisilin hidup dengan membuatkan zat yang membuat bakteri mati |
3. Penyesuaian diri makhluk hidup
- Mengidentifikasi cara binatang tertentu beradaptasi terhadap lingkungannya menurut gambaran.
Contoh :
Burung bangau mencari masakan di sawah, bentuk adaptasi yang dimiliki yaitu bentuk kaki kecil dan panjang.
Paus ialah salah satu binatang air yang bernapas menggunakan paru-paru. Cara paus mengikuti keadaan untuk menyanggupi kebutuhan oksigennya yaitu dengan sering muncul ke permukaan laut.
Kelelawar melayang cepat di gua tanpa suara, bentuk penyesuaian yang dilakukan kelelawar yaitu mempunyai sayap berbentukkulit yang tipis.
- Menjelaskan tujuan binatang/flora menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
Contoh :
a. Musang pura-pura mati untuk mengelabuhi musuh.
b. Kupu-kupu memiliki probosis untuk menghisap nektar.
c. Pohon jati meranggas pada trend kemarau bertujuan untuk mengurangi penguapan.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/flora dan cara adaptasinya.
Contoh :
Hewan/Tumbuhan | Cara Adaptasi |
Kolibri | Paruh panjang dan runcing |
Landak | Rambut berduri |
Cecak | Memutuskan ekor |
Mawar | Memiliki duri pada batang |
Bambu | Memiliki gelugut pada batang |
4. Analisis Kisi-Kisi IPA Pelestarian Lingkungan
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan / sumber daya alam di sebuah kawasan.
Contoh :
Pelestarian hutan mahoni, jati, dan trembesi berguna selaku penyedia bahan industri (mebeler dsb.)
Pelestarian binatang dengan mendirikan suaka marga satwa bermanfaat untuk menjaga semoga hewan langka tidak mengalami kepunahan.
Pelestarian sungai dengan menanam pohon di tepi sungai berguna untuk mencegah tanah longsor. - Menjelaskan balasan dari kegiatan insan yang dapat menghipnotis keseimbangan lingkungan berdasarkan gambaran yang dihidangkan.
5. Upaya manusia dalam pelestarian lingkungan
- Menjelaskan cara melestarikan lingkungan menurut kasus perihal keadaan lingkungan di suatu kawasan.
No | Kondisi lingkungan di suatu tempat | Cara melestarikan lingkungan |
1. | Daerah perbukitan botak | Reboisasi penananamn kembali tanaman |
2. | Polusi udara dan hawa panas di kota | Penanaman dan pemeliharaan hutan kota |
3. | Pertanaian di lereng pegunungan | Pembuatan sengkedan (terasering) |
4. | Penambangan pasir di lereng pegunungan berapi | Melarang penambangan pasir |
- Menjelaskan cara menghalangi terjadinya abrasi, abrasi, atau banjir menurut perkara yang disuguhkan.
EROSI | ABRASI | BANJIR |
Erosi adalah insiden pengikisan tanah oleh air | Abrasi yaitu proses abrasi pantai oleh gelombang bahari | Banjir adalah kejadian yang terjadi ketika ajaran air yang berlebihan merendam daratan |
Cara menangkal: 1.melarang illegal loging 2.reboisasi/penghijauan 3.menciptakan sengkedan 4.crop rotation | Cara menghalangi: 1.menanam hutan bakau 2.pelarangan penggalian pasir pantai 3.pengerjaan pemecah gelombang | Cara menangkal: 1.menciptakan fungsi sungai dan selokan melakukan pekerjaan dengan baik 2.tidak boleh mencampakkan sampah di sungai 3.melakukan reboisasi |
6. Menjelaskan fungsi bab badan flora/ binatang
- Menjelaskan fungsi bagian badan flora/hewan.
Contoh :
Akar padi untuk menyerap air dan zat hara dalam tanah
Akar singkong untuk menyimpan cadangan masakan
Batang tebu untuk menyimpan cadangan kuliner
Daun pepaya untuk tempat pernapasan dan fotosintesis
Sirip ikan nila untuk alat gerak/berenang
Ekor tupai untuk alat keseimbangan tubuh
- Menjelaskan manfaat bab badan flora/binatang tertentu bagi kehidupan insan.
Contoh :
1.Batang sagu untuk masakan (tepung sagu)
2.Buah mengkudu untuk obat hipertensi
3.Daun sirsak untuk obat herbal asam urat
4.Kulit batang kina untuk obat malaria
5.Nira pohon aren untuk gula aren
6.Bulu ayam untuk kemoceng.
Kisi-Kisi Materi Nomor 7 s/d 29
Untuk kisi-kisi berikutnya, Bapak dan Ibu mampu mengunduh disini. Dibahas dalam bentuk file powerpoint secara ringkas dan padat sehingga mampu dengan mudah dipelajari. Semoga berguna.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon