Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran IPA tahun 2018 telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Tentunya beberapa peserta latih penasaran dengan kunci tanggapan IPA SD dan bagaimana pula dengan pembahasannya.
Apabila Anda belum mengetahui soalnya mirip apa, dapat diunduh pada halaman Kumpulan soal ujian nasional jenjang Sekolah Dasar. Pada halaman tersebut disertakan pula berbagai latihan soal yang relevan untuk tahun pemikiran terbaru. Atau bila ingin berguru bertahap tiap indikator mampu membuka halaman latihan soal per 10 indikator.
Kunci Jawaban IPA Sekolah Dasar 2018 (USBN)
Berikut ini pembahasan diikuti dengan kunci tanggapan IPA Sekolah Dasar untuk tahun 2018, diketahui dengan USBN IPA jenjang Sekolah Dasar:
Pembahasan 1-10
- Jawaban A salah sebab ayam disantap belalang
Jawaban B salah sebab tikus disantap kelinci
Jawaban C salah karena kucing disantap ayam
- D
- Cara pembiasaan enceng gondok
Akarnya lebat
Tangkai daun beronggaBatang beruas dimiliki bambu dan tebu
- B
- Hubungan antara tanaman paku dan pohon kelapa ialah simbiosis komensalisme, alasannya tumbuhan paku mendapat kawasan hidup sedangkan pohon kelapa tidak menerima keuntungan dan tidak pula dirugikan.
- A
- Tumbuhan yang menggulungkan daun untuk meminimalisir penguapan contohnya: jagung, tebu, padi.
- D
- Gajah tidak perlu melakukan penyamaran karena ialah hewan yang kuat
- C
- Menyemburkan cairan seperti tinta : cumi-cumi
Mengeluarkan zat berbisa : ular
Memutuskan ekornya : cecak
Mengeluarkan busuk menyengat : walang sangit
- D
- Urutan rantai masakan: rumput → belalang → burung → ular
Jika salah satu punah maka urutan rantai makanan di depannya akan meningkat, dan di belakangnya akan menurun.
- B
- Jelas
- B
- Ciri pubertas laki-laki: Tumbuh jakun, Dada membidang, Tumbuh kumis, Mimpi basah
- D
- Fungsi tulang rusuk: Melindungi jantung dan Melindungi paru-paru
- A
Pembahasan 11-20
- telur → ulat (larva/nimfa) → kepompong (pupa) → hewan dewasa (imago)
- A
- Bambu → tunas
Lumut → spora
Apel → biji
kunyit → akar tinggal
Stroberi → geragih
- D
- Metamorfosis sempurna: melewati fase kepompong (pupa) dan antara fase larva dan cukup umur berbeda jauh.
Contoh: kupu-kupu, katak, nyamuk, lalat, tawon, undur-undur, lebah
Metamorfosis tidak sempurna: tidak melewati fase kepompong
Contoh: belalang, kecoa, capung, tenggoret, jangkrik, rayap
- A
- Otot merupakan alat gerak aktif sedangkan tulang ialah alat gerak pasif
- D
- Jelas
- A
- Konstipasi (sembelit) keadaan sukar buang air besar secara terstruktur dan tuntas.
Muntaber (muntah berak) dibarengi sakit kepala.
Disentri adalah jerawat pada usus yang menyebabkan diare yang dibarengi darah atau lendir. Diare ialah buang air besar encer dengan frekuensi yang sering.
Tifus adalah penyakit yang terjadi sebab bengkak basil Salmonella typhi dan biasanya menyebar lewat kuliner dan minuman yang telah terkotori
- C
- Jelas
- B
- Mentega dipanaskan: mencair
Balok es pada suhu ruangan: mencair
Bunga es yang terbentuk di freezer: membeku
Kapur barus yang dipakai: menyublim
- D
Materi: Perubahan Wujud Benda
- Jelas
- B
Materi: Perubahan Wujud Benda
- Jelas
- C
Pembahasan 21-30
- Air dipanaskan (menguap), terkena suhu dingin (mengembun)
- B
- Senter: energi kimia menjadi energi listrik menjadi energi cahaya
- B
- Melewati kaca (menembus benda bening), membentuk bayangan meja (merambat lurus)
- B
- Sudip terasa panas → konduksi
Bagian luar gelas terasa hangat saat diisi air panas → konduksi
Badan terasa hangat ketika di samping api unggun → radiasi
Terjadi angin darat pada malam hari → konveksi
- C
- Stopwatch: kimia → listrik → cahaya
- A
- Perubahan energi pada gambar ialah dari listrik menjadi panas
- C
- Jelas
- A
- Untuk menciptakan paku menjadi magnet, maka perlu lilitan kawat pada paku yang dialiri arus listrik.
- D
- Jelas
- A
- Jelas
- C
Pembahasan 31-35
- Jelas
- B
- Jelas
- B
Materi: Ciri khusus planet
- Tepung kanji = tepung tapioka dibuat dari saripati singkong
Tepung maizena dibentuk dari saripati jagung
- B
- Jelas
- C
- Jelas
- B
Materi: proses daur air
Pembahasan 36-40 Uraian
- Hasil panen sayur tercemar pestisida
Terjadi pencemaran pada lingkungan
Hama tanaman menjadi kebal
Konsumen tingkat 2 punah - 4-9-5-10-1
2-7-6-8-3
10-1-2-7
8-3-4-9 - Perut terasa mual
Lambung terasa perih
Perut kembung
Ulu hati terasa nyeri - Air bahari dalam tambak menguap
Volume air bahari dalam tambak menyusut
Suhu air di dalam tambak naik - Evaporasi/penguapan: proses penguapan air di permukaan air maritim
Kondensasi/pengembunan: proses pergeseran uap air menjadi titik-titik air
Transpirasi: proses penguapan air pada tanaman
Demikian pembahasan tentang kunci tanggapan IPA SD tahun 2018. Apabila terdapat kesalahan dalam pembahasan ini dapat menuliskan dalam kolom komentar dibawah. Untuk mengunduh materi pembahasan di atas dalam bentuk PDF sehingga mudah untuk dicetak mampu lewat:
Kunci Jawaban dan Pembahasan USBN IPA Sekolah Dasar 2018
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon