Dalam mengurutkan pecahan biasanya penerima ajar akan diminta untuk mengubah bentuk serpihan tersebut kedalam kepingan desimal atau persen. Hal ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam mengurutkan potongan tersebut dari yang terkecil maupun dari yang terbesar.
Mengenal Bentuk Pecahan
Sebelum mengurutkan cuilan, terlebih dahulu mari kita mengenal bentuk-bentuk kepingan. Terdapat empat bentuk bagian untuk jenjang sekolah dasar yang perlu dimengerti, diantaranya
- Pecahan biasa
Contoh : \(\frac54\) - Pecahan adonan
Contoh : \(1\frac14\) - Desimal
Contoh : 1,25 - Persen
Contoh : 125%
Baca juga: Cara Menulis Angka Romawi yang Tepat
Mengubah Bentuk Pecahan
Keempat bentuk serpihan diatas mempunyai nilai yang serupa, walaupun dalam bentuk yang berlawanan. Mari kita buktikan dari yang pertama
\(\frac54=1\frac14\)
Penjelasan : Lima dibagi empat diperoleh bilangan lingkaran 1 dan tersisa \(\frac14\).
\(1\frac14=1,25\)
Penjelasan : Bilangan bundar 1 diletakkan didepan koma, kemudian membagi 1 dengan 4 diperoleh 0,25. jadi bila digabung diperoleh 1,25.
1,25 = 125%
Penjelasan : Untuk mengganti desimal menjadi persen cukup menggeser tanda koma kebelakang sebanyak dua bilangan kemudian ditambahkan tanda persen (%).
Mengurutkan Pecahan
Dalam melakukan hal ini, akan lebih gampang jika bagian-kepingan yang berlainan diubah menjadi potongan yang serupa. Biasanya akan lebih mudah lagi kalau semua penggalan diubah menjadi desimal dengan mengakibatkan 3 sampai 4 digit angka dibelakang koma.
Contoh soal:
Urutkan cuilan berikut dari yang terkecil ke paling besar!
\(1\frac58;1\frac45; 0,91; \frac1320; 82,5%\)
Pembahasan:
\(1\frac58\) = 1,625 (4)
\(1\frac45\) = 1,800 (5)
0,91 = 0,910 (3)
\(\frac1320\) = 0,650 (1)
82,5% = 0,825 (2)
Kaprikornus urutan bagian dari terkecil ke paling besar yakni
\(\frac1320; 82,5%; 0,91; 1\frac58;1\frac45\)
Untuk mengasah kesanggupan, penerima latih mampu mengunjungi halaman kumpulan soal mengurutkan potongan. Pada halaman tersebut terdapat soal disertai dengan pembahasannya.
Demikian pembahasan cara gampang melakukan pengurutan pada bagian untuk jenjang sekolah dasar, semoga mampu mempermudah pembelajaran dan pemahaman peserta latih.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon