Cara Mencari Persentase Di Excel - Dalam matematika, persentase atau perseratus merupakan suatu perbandaingan atau angka atau disebut juga rasio untuk menyatakan bagian dari seratus. Persentase biasanya ditampilkan memakai "%". Persentase lazimnya juga dipakai, walaupun bukan komponen ratusan. Bilangan tersebut lalu diskalakan supaya bisa daripada seratus.
Excel ialah perangkat lunak spreadsheet yang berada dibawah naungan microsoft, banyak kelbihan dalam menggunakan excel menghitung angka-angka, menciptakan laporan, membuat grafik-grafik, banyak akomodasi yang lain memudahkan pengguna duntuk menyelesaikan pekerjaan. Excel ialah perangkat spreadsheet yang sangat banyak digunakan di dunia, perangkat ini sungguh mudah digunakan dan mempunyai banyak fitur-fitur. Excel menunjukkan banyak keunggulan dibandingkan perangkat lunak spreadsheet yang telah ada lebih dahulu.
Mengenai Excel, kita akan membahas lemabr kerja microsoft excel
Langkah-langkah dalam memulai microsoft excel, tekan tombol start yang berada di sudut kiri bawah, pilih menu All Programs -Microsoft OffIce - Microsoft Office Excel sehinggan acara excel terbuka dan siap dikerjakan. Tombol Office yaitu pengganti menu file yang sering ditemukan dalam microsoft office excel tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk menjalankan berkas dokumen, menutup dokumen, memprin dokumen,. Tombol Tab yaitu bagian yang berbantuk tabulasi dan berisi serangkaain grup yang membuat beberapa tombol perintah yang sesuai. Grup ialah bagian yang berada dibawah tab dan berisi jajaran tombol perintah untuk mengoperasikannya suatu proses tertentu dengan langkah-langkah klik-klik tombol tertentu. Quick Access Toolbar merupakan fitur-fitur ini berguna untuk mengganti fungsi-fungsi tombol yang sesuai cita-cita.
Close ialah tombol untuk menutup dokumen kerja excel atau keluar dari microsoft excel, Maximize and Minimize merupakan tombol mengoptimalkan dan mengurangi ukruan jendela kerja excel, Tabulasi Sheet ialah lembar kerja utama yang berfungsi untuk memuat seluruh data dan formula yang mau digunakan sebagai data pembentuk laporan.
Baca Juga :
Cara Menghitung Rata-Rata Di Microsoft Excel
Cara Buat Grafik Di Excel
Cara Menulis Rumus Di Word
Segala hal perkiraan yang mampu dijalankan dengan memakai rumus excel di office 2007 maupun office 2010, contonhya menjumlah persentase yang biasanya kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Menghitung persentase
Rumus dasar persentase dalam ilmu matematika;
Sebagai misalnya
Pak Tukul membeli apel dari petani seharga Rp 100.000 per kg. Lalu, Pak Tukul menjual apel tersebut seharga Rp 120.000 per kg. Berapa persen profit pak Tukul?
Penyelesaian :
Profit = Rp 100.000 - Rp 120.000 = Rp 20.000
Persentase laba (%) = 20.000/100.000 x 100% = 20%
Apabila kalkulasi tersebut dilakukan dengan menggunakan format excel,
Terdapat 4 kolom tabel ialah A2=Beli, B2=Jual, C2=Profit, D2=Persentase, Untuk mengkalkulasikan persentase posisikan kursor di kolom D2, kemudian letakkan rumus =(C2/A2) kemudian Tekan Enter.
Baca Juga :
Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word
Cara Merubah Ukuran Foto di word
Cara Membuat Bilangan Pangkat Di Microsoft Word
Maka hasil kalkulasi yakni 0,2. Untuk mengkonversi angka menjadi persen, silahkan tekan tombol % pada format number. Maka nilai akan menjadi 20%.
Demikianlah pembahasan kami mengenai Cara Mencari Persentase Di Excel, semoga bermanfaat.
Sumber https://arahblogg.blogspot.com
EmoticonEmoticon