Tugas seorang blogger yang serius bukan cuma make over blog supaya tampilannya menarik dan gampang diakses. Juga bukan cuma menulis dan mempublikasikan artikel belaka. Ada kegiatan lain yang tak kalah penting yakni mempromosikan blog supaya diketahui lebih banyak orang. Tanpa penawaran spesial maka blog dan postingan yang baik sekalipun akan terlambat ditemukan oleh orang yang membutuhkannya.
Promosi Blog Secara Online
Promosi ini dilaksanakan lewat media internet. Kini jutaan orang menggunakan teknologi canggih yang berjulukan internet. Para pelajar, mahasiswa, dosen, karyawan, dan komponen lain dari masyarakat tiap hari berselancar untuk mencari dan memperoleh postingan yang diperlukan. Sementara para pelaku bisnis mempergunakan internet untuk menjual produk dan jasanya.
Jika artikel ingin dibaca oleh orang lain maka blog mesti berada di mana-mana.
1. Media sosial
Hampir semua blogger mempergunakan media sosial untuk memberitahukan blognya. Simak saja profil akun Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lain-lainnya. Selain nama dan status, mampu ditentukan ada url blognya. Mereka juga makin bersungguh-sungguh membagikan postingan yang telah diterbitkannya. Misalkan share artikel di Facebook bukan cuma di timeline namun juga di grup-grup atau Fun Page yang dimilikinya.
2. Blog dan situs lain
Jika seorang memiliki lebih dari satu blog maka nama blog dapat diposisikan di halaman ‘Blog Saya’ atau apapun judul halamannya. Ini untuk menunjukkan kesempatan kepada hadirin untuk mendatangi blog tersebut. Apalagi jikalau blog-blog lain tersebut memiliki topik yang berlawanan. Seorang blogger mungkin saja mempunyai blog perihal traveling, masakan, fashion, gadget, dan lain sebagainya.
Nama blog juga mampu diposisikan di blog yang dikunjungi. Pada saat menulis komentar pada postingan yang dikunjungi umumnya pengunjung wajib mengisi nama, email, dan url blog. Semakin banyak mereka melaksanakan blogwalking maka akan semakin banyak pula mereka menempatkan url blognya. Agar penawaran khusus ini efektif maka catatlah komentar yang berhubungan dengan artikelnya. Kurang bagus jikalau blogger hanya menulis :”Nice post.” Komentar seperti ini hanya dinilai selaku basa-basi belaka.
Hal yang sama juga berlaku jika seorang blogger menulis di situs lain contohnya ke forum, guest post, dan lain-yang lain. Saat menulis artikel blogger mampu memasang link ke arah blog utamanya. Tentu saja blogger mesti mentaati ketentuan yang ditetapkan oleh pengelolanya.
3. Email
Email juga mampu dipakai untuk mengiklankan blog. Namun bukan mengirim spam email untuk mempromosikan blog. Url blog mampu ditempatkan secara permanen di blok tandatangan. Setiap orang yang menerima email akan menyaksikan url blog. Untuk keperluan tersebut maka blogger mesti melaksanakan setting emailnya pada sajian tandatangan (signature)
4. Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools
Setiap blogger sebaiknya submit blognya di dua situs ini. Setelah terdaftar maka blog harus di-verifikasi guna menjamin bahwa blogger tersebut sungguh-sungguh pemilik blog. Lanjutkan submit sitemap guna membantu robot menggerayangi blog kita. Setelah melaksanakan acara tersebut barulah blogger dapat submit artikel-postingan yang sudah diterbitkan. Dua situs ini menolong blogger mempercepat postingan blog untuk di indeks oleh search engine (mesin pencari)
5. Sponsor kontes blog
Bisa juga menjadi sponsor kalau blogger lain menyelenggarakan kontes blog atau giveaway. Sediakan kado bagi pemenang kontes. Penyelenggara lomba blog lazimnya berbaik hati mencantumkan nama dan url blog. Prinsip give and take ini memang umum. Bukankah brand tertentu juga sering menjadi sponsor lomba. Mereka bahkan mempersyaratkan peserta untuk Like atau Follow situs dan atau akun media sosial brand tersebut.
Promosi Blog Secara Offline
Pernah menyaksikan nama situs tertera di sebuah bodi pesawat melayang? Yup, itulah salah satu bentuk promosi situs secara offline. Blogger, pengusaha catering, angkutan, event organizer, televisi, radio, usahawan percetakan, penerbit buku, pemilik toko online dapat pula memasang url blog di berbagai media cetak, media elektronik, dan benda-benda lainnya.
Pada resepsi ijab kabul, di meja prasmanan kadang ada suatu kartu kecil yang berisi nama dan alamat pemilik layanan catering plus url situsnya. Tak jarang pebisnis ini menempatkan setumpuk kartu namanya di meja penerima tamu. Dengan cara ini maka para usul dapat mengambil kartu bisnis tersebut dan memanfaatkannya dikala mereka membutuhkan layanan catering tersebut.
Blogger dapat memasang url blog pada kartu nama, kartu ajakan, mug, piring, t-shirt, topi, tas handuk, kemasan hadiah, gantungan kunci, amplop, dan aneka aksesoris. Jika blogger juga menerbitkan buku maka nama/url blog mampu dipasang pada halaman Profil Penulis.
Begitu pentingnya suatu promosi blog hingga ada quote berbunyi: “Content is King and promotion is Queen.” Sebuah artikel yang mempesona akan lebih singkat dikenali dan dibaca oleh orang lain jika dipromosikan dengan gencar. Hal ini mampu meningkatkan pageviews, trafik, dan jumlah visitor akan meningkat. Hal itu berarti akan meningkatkan domain authority, page authorty, dan Alexa traffic rank.
Promosi blog secara online dan offline kadang membutuhkan modal. Jika blogger mengadakan kontes blog atau giveaway pasti mengeluarkan biaya untuk hadiah bagi para pemenang lomba. Tetapi biaya itu bisa tertutup bila blog sudah dapat diajak untuk mendulang dolar atau rupiah. Jika tidak, kepuasan batin bloggerlah selaku imbalannya.
Jangan pernah letih untuk mengiklankan blog secara online dan offline.
Promosikan Blog Agar Dikenal Orang
Sumber uy.com
EmoticonEmoticon