Kata kerja operasional untuk kurikulum 2013 ialah kata kerja yang dapat diukur ketercapaiannya, dapat diamati perubahan tingkah laku, dapat diuji, dan digunakan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.
Kata kerja operasional (KKO) menurut Taksonomi Bloom meliputi 3 ranah. Ranah ini diantaranya Kognitif, Afektif, dan Psikomotor.
Baca Juga : Pedoman Penggunaan Huruf Kapital Terbaru
Kata Kerja Operasional Kognitif
Berikut ini daftar acuan kata kerja operasional ranah kognitif berisikan 6 tingkatan/ jenjang berpikir (mulai C1 hingga dengan C6).
Pengetahuan (C1) | Pemahaman (C2) | Penerapan (C3) |
Mengutip | Memperkirakan | Menugaskan |
Menyebutkan | Menjelaskan | Mengurutkan |
Menjelaskan | Mengkategorikan | Menentukan |
Menggambar | Mencirikan | Menerapkan |
Membilang | Merinci | Menyesuaikan |
Mengidentiflkasi | Mengasosiasikan | Mengkalkulasi |
Mendaftar | Membandingkan | Memodifikasi |
Menunjukkan | Menghitung | Mengklasifikasi |
Memberi label | Mengkontrasikan | Menghitung |
Memberi indek | Mengubah | Membangun |
Memasangkan | Mempertahankan | Mengurutkan |
Menamai | Menguraikan | Membiasakan |
Menandai | Menjalin | Mencegah |
Membaca | Membedakan | Menentukan |
Menyadap | Mendiskusikan | Menggambarkan |
Menghafal | Menggali | Menggunakan |
Menim | Mencontohkan | Menilai |
Mencatat | Menerangkan | Melatih |
Mengulang | Mengemukakan | Menggali |
Mereproduksi | Mempolakan | Mengemukakan |
Meninjau | Memperluas | Mengadaptasi |
Memilih | Menyimpulkan | Menyelidiki |
Menyatakan | Meramalkan | Mengoperasikan |
Mempelajari | Merangkum | Mempersoalkan |
Mentabulasi | Menjabarkan | Mengkonsepkan |
Memberi isyarat | Melaksanakan | |
Menelusuri | Meramalkan | |
Menulis | Memproduksi | |
Memproses | ||
Mengaitkan | ||
Mensuimulasikan | ||
Memecahkan | ||
Melakukan | ||
Mentabulasi | ||
Menyusun | ||
Memproses | ||
meramalkan |
Analisis (C4) | Sintesis (C5) | Penilaian (C6) |
Menganalisis | Mengabstraksi | Membandingkan |
Mengaudit | Mengatur | Menyimpulkan |
Memecahkan | Menganimasi | Menilai |
Menegaskan | Mengumpulkan | Mengarahkan |
Mendeteksi | Mengkategorikan | Mengkritik |
Mendiagnosis | Mengkode | Menimbang |
Menyeleksi | Mengkombinasikan | Memutuskan |
Memerinci | Menyusun | Memisahkan |
Menominasikan | Mengarang | Memprediksi |
Mendiagramkan | Membangun | Memperjelas |
Mengkorelasikan | Menanggulangi | Menugaskan |
Merasionalkan | Menghubungkan | Menafsirkan |
Menguji | Menciptakan | Mempertahankan |
Mencerahkan | Mengkreasikan | Memerinci |
Menjelajah | Mengoreksi | Mengukur |
Membagankan | Merancang | Merangkum |
Menyimpulkan | Merencanakan | Membuktikan |
Menemukan | Mendikte | Memvalidasi |
Menelaah | Meningkatkan | Mengetes |
Memaksimalkan | Memperjelas | Mendukung |
Memerintahkan | Memfasilitasi | Memilih |
Mengedit | Membentuk | Memproyeksikan |
Mengaitkan | Merumuskan | |
Memilih | Menggeneralisasi | |
Mengukur | Menggabungkan | |
Melatih | Memadukan | |
Mentransfer | Membatasi | |
Mereparasi | ||
Menampilkan | ||
Menyiapkan | ||
Memproduksi | ||
Merangkum | ||
Merekonstruksi |
Download kata kerja operasional ranah kognitif
Penjelasan tentang C1 sampai dengan C6 antara lain :
- Pengetahuan (C1) yaitu kemampuan untuk mengingat;
- Pemahaman (C2) yaitu kesanggupan untuk mengerti;
- Penerapan (C3) yaitu kemampuan untuk menggunakan maupun menerapkan;
- Analisis (C4) yaitu kesanggupan merinci dan menguraikan menjadi bagian-bab;
- Sintesis (C5) adalah kesanggupan untuk menggabungkan komponen-komponen menjadi contoh yang terstruktur atau pola gres;
- Penilaian (C6) ialah kemampuan untuk membuat pertimbangan kepada sebuah kondisi, nilai, atau wangsit.
Kata Kerja Operasional Afektif
Berikut ini daftar acuan kata kerja operasional ranah afektif yang berisikan 5 klasifikasi. Mulai dari yang sederhana (A1) hingga yang kompleks (A5).
Menerima (A1) | Menanggapi (A2) | Menilai (A3) |
Memilih | Menjawab | Mengasumsikan |
Mempertanyakan | Mem bantu | Meyakini |
Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi |
Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan |
Menganut | Menyenangi | Memperjelas |
Mematuhi | Menyambut | Memprakarsai |
Meminati | Mendukung | Mengimani |
Mendukung | Mengundang | |
Menyetujui | Menggabungkan | |
Menampilkan | Memperjelas | |
Melaporkan | Mengusulkan | |
Memilih | Menekankan | |
Mengatakan | Menyumbang | |
Memilah | ||
Menolak |
Mengelola (A4) | Menghayati (A5) |
Menganut | Mengubah prilaku |
Mengubah | Berakhlak mulia |
Menata | Mempengaruhi |
Mengklasifikasikan | Mendengarkan |
Mengkombinasikan | Mengkualifikasi |
Mempertahankan | Melayani |
Membangun | Menunjukkan |
Membentuk pendapat | Membuktikan |
Memadukan | memecahkan |
Mengelola | |
Menegosiasi | |
Merembuk |
Download kata kerja operasional ranah afektif
Penjelasan tentang A1 hingga dengan A5 antara lain :
- Menerima (A1) ialah kesanggupan mengamati dan memperlihatkan respon terhadap sitimulasi yang sempurna;
- Menanggapi/merespon (A2) adalah keterlibatan secara aktif;
- Menilai/Menentukan sikap (A3) ialah cara mengaitkan diri pada sebuah insiden;
- Mengelola (A4) adalah aktivitas menyatukan sikap-sikap atau nilai-nilai;
- Menghayati (A5) ialah karakterisasi kedalam pribadi.
Kata Kerja Operasional Psikomotor
Berikut ini daftar teladan kata kerja operasional ranah psikomotor terdiri dari 4 tingkatan/ jenjang keahlian. Dimulai P1 sampai dengan P6.
PENIRUAN (PI) | MANIPULASI (P2) |
Mengaktifkan | Mengoreksi |
Menyesuaikan | Mendemonstrasikan |
Menggabungkan | Merancang |
Melamar | Memilah |
Mengatur | Melatih |
Mengumpulkan | Memperbaiki |
Menimbang | Mengidentifikasikan |
Memperkecil | Mengisi |
Membangun | Menempatkan |
Mengubah | Membuat |
Membersihkan | Memanipulasi |
Memposisikan | Mereparasi |
Mengkonstruksi | Mencampur |
KETETAPAN (P3) | ARTIKULASI (P4) |
Mengalihkan | Mengalihkan |
Menggantikan | Mempertajam |
Memutar | Membentuk |
Mengirim | Memadankan |
Memindahkan | Menggunakan |
Mendorong | Memulai |
Menarik | Menyetir |
Memproduksi | Menjelaskan |
Mencampur | Menempel |
Mengoperasikan | Menskestsa |
Mengemas | Mendengarkan |
Membungkus | Menimbang |
Download kata kerja operasional ranah psikomotor
Penjelasan ihwal P1 sampai dengan P4 antara lain :
- Peniruan ialah kegiatan memberi respons serupa dengan yang diamati;
- Manipulasi yaitu kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan, gerakan-gerakan opsi yang menetapkan suatu tampilan lewat latihan;
- Ketetapan yaitu kemampuan yang memerlukan kecermatan, proporsi dan kepastian yang lebih tinggi dalam performa. Respon-tanggapanlebih terkoreksi dan kesalahan-kesalahan dibatasi seminimal mungkin;
- Artikulasi ialah menekankan koordinasi sebuah rangkaian gerakan dengan menciptakan urutan yang sempurna dan mencapai yang diharapkan atau konsistensi internal di natara gerakan-gerakan yang berlainan.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon