Pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran tidak terlepas dari pendekatan yang digunakan. Dalam kurikulum 2013, pendekatan yang biasa dipakai yakni pendekatan saintifik.
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran diartikan selaku titik tolak atau sudut pandang kita kepada proses pembelajaran, yang merujuk pada persepsi tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat biasa , di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari sistem pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, ialah:
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Pengertian Pendekatan Saintifik
Pembelajaran dengan memakai pendekatan saintifik yaitu proses pembelajaran yang dirancang oleh guru dengan membangun pengertian siswa lewat 5 tahapan
- mengamati
- menanya
- menghimpun isu/mencoba
- menalar/mengasosiasi
- menciptakan kesimpulan dan mengomunikasikan
Maksud dari pendekatan saintifik yakni memberi pemahaman kepada siswa untuk mengenal dan mengerti banyak sekali bahan wawasan dengan pendekatan ilmiah. Artinya pengetahuan bisa berasal dari mana saja dan kapan saja tidak bergantung pada pengetahuan guru saja.
Siswa didorong untuk mencari wawasan dari banyak sekali sumber. Misalnya buku, majalah, surat kabar, bahkan lingkungan sekitar mereka.
Baca juga: Panduan dan Cara Membuat Soal HOTS
Karakteristik Pendekatan Saintifik
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki ciri-ciri khusus diantaranya:
- proses pembelajaran berpusat pada siswa
- memakai keahlian proses sains dalam membangun pengetahuan
- melibatkan proses kognitif yang merangsang kemajuan intelektual, khususnya keahlian berpikir tingkat tinggi siswa.
- mengembangkan aksara pada siswa.
Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Beberapa tujuan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mencerminkan keunggulan dari pendekatan ini, diantaranya:
- Untuk mengembangkan kemampuan intelektual, secara Istimewa dapat mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa.
- Untuk membentuk kesanggupan menyelesaikan persoalan secara sistematik pada diri siswa.
- Untuk membuat kondisi dimana siswa merasa bahwa berguru adalah suatu kebutuhan.
- Diperolehnya hasil berguru pada level yang tinggi.
- Untuk melatih siswa mampu mengkomunikasikan ajaran khususnya dalam menulis secara ilmiah.
- Untuk mengembangkan dan meningkatkan karakter siswa.
Pelaksanaan dalam Pembelajaran
Pada kegiatan inti dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kelima pengalaman mencar ilmu tersebut tidak harus berurutan dan tidak mesti muncul semuanya dalam satu pembelajaran. Tetapi mampu dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya. Hal ini bergantung pada cakupan muatan pembelajaran.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon