Dalam rangka mengasah kemampuan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyajikan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya kalau tidak ada kunci balasan dan pembahasan Bahasa Indonesia paket 2.
Pada halaman ini kita akan melaksanakan pembahasan Bahasa Indonesia paket 2 yang berisikan 40 soal opsi ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini dapat diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang SD Bahasa paket 2.
Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 2
Pembahasan akan dibagi menjadi 5 kalangan. Kelompok pertama 1 sampai 10, golongan kedua 11 hingga 20, kalangan ketiga 21 hingga 30. Kelompok ketiga 31 sampai 40, dan terakhir kelompok keempat 41-45 yang merupakan soal uraian. Berikut ini pembahasan Bahasa Indonesia paket 2 secara lengkap.
Pembahasan 1 hingga dengan 10
- Makna kata indikasi pada paragraf tersebut yakni gejala atau isyarat .
(A) - Sinonim (persamaan arti kata) dari kata surya pada kalimat tersebut yaitu matahari.
(B) - Informasi yang terdapat dalam teks tersebut adalah belajar di luar kelas berfaedah banyak bagi kemajuan siswa.
(C) - Kalimat utama terdapat pada tamat paragraf ditandai dengan kata kesimpulan ‘memang’.
(D) - Ide pokok paragraf tersebut ialah kebakaran hutan banyak terjadi di Indonesia.
(D) - Isi paragraf tersebut yaitu Nadia adalah anak yang bersungguh-sungguh dalam mencar ilmu.
(A) - Pernyataan yang cocok dengan isi paragraf tersebut yaitu bersepeda itu tidak sukar dan tidak banyak memerlukan ongkos.
(C) - Jenis paragraf yang didalamnya terdapat tokoh ialah paragraf narasi.
(B) - Hal yang akan terjadi jikalau selokan tidak dibersihkan pada dikala trend penghujan tiba yaitu air selokan tidak akan mengalir alasannya tersumbat sampah dan lumpur.
(A) - Persamaan kedua teks tersebut yaitu usaha yang mesti dijalankan.
(D)
Pembahasan 11 sampai dengan 20
- Harga pucuk merah besar 15.000 + 10.000 = 25.000
Harga krokot 10.000 x 1/2 = 5.000
(B) - Paman Kura-kura bersedih alasannya ingin terbang dan menyaksikan pemandangan dari atas.
(D) - Tokoh protagonis dalam dongeng tersebut yakni sang Burung.
(B) - Latar waktu pada cerita tersebut adalah pagi hari.
(A) - Watak Paman Kura-kura adalah teledor.
(D) - Makna adi bintang adalah pemain andalan.
(A) - Kesimpulan paragraf tersebut yakni kondisi Siti sudah mulai sembuh.
(B) - Konflik awal dalam cerita yakni Rima tidak mampu ikut kerja kalangan.
(C) - Amanat dongeng tersebut yaitu kita mesti mengerti keadaan teman.
(D) - Tema dongeng tersebut yaitu persahabatan.
(A)
Pembahasan 21 hingga dengan 30
- Peristiwa yang akan terjadi kalau Bebek tidak membangunkan Angsa ialah Angsa mati diterkam Musang.
(B) - Nilai tabiat kasatmata dari dongeng tersebut ialah membalas keburukan dengan kebaikan.
(D) - Keteladanan tokoh Bebek dalam dongeng tersebut adalah sudi membantu walau sudah diejek.
(C) - Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ialah mendapatkan.
(A) - kaki tangan: anak buah
tangan hambar: selalu menenteng hasil
Ringan tangan: suka membantu
tangan terbuka: diterima dengan bahagia hati
Baca juga kumpulan ungkapan yang sering timbul dalam cobaan.
(B) - telur di ujung tanduk: kondisi yang sangat berbahaya
jatuh diimpit tangga: ditimpa kesukaran berturut-turut
layar menimpa tiang: kawan yang menjadi lawan
takut bayang-bayang: perasaan takut tanpa argumentasi
(B) - Susunan isyarat pembuatan salad buah yang sempurna adalah 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6.
(C) - Urutan isyarat penggunaan kamera yang tepat yaitu 5 – 3 – 4 – 1 – 2 – 6.
(C) - Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut yakni seluruh siswa memperhatikan kuliner yang dijual.
(D) - Kalimat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut yakni gunakan sabun saat basuh tangan.
(C)
Pembahasan 31 sampai dengan 40
- Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut yakni ‘Oleh sebab itu, isilah piknik dengan hal-hal yang bermanfaat!’
(D) - Kata bentukan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah dikembangbiakkan.
(D) - Perbaikan istilah yang bercetak miring pada kalimat tersebut yaitu produktivitas.
(A) - Sebelum dimulai, akseptor lomba pidato mendapat pengarahan dari panitia.
(D) - Penulisan kata baku yang tidak tepat pada paragraf tersebut yaitu celcius, semestinya celsius.
(B) - Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yakni tanda seru (!), tanda koma (,), dan tanda tanya (?)
“Mengapa buku-buku ini kamu sobek, Rin? Buku ini harganya mahal.” kata Neni.
(C) - Pada hari Sabtu, siswa SD Mandiri melaksanakan karyawisata ke Museum Purbakala Sangiran
(A) - Penulisan tanda baca yang tepat pada paragraf tersebut adalah (,), (:), (,), (-)
(D) - Saat berwisata ke suaka margasatwa, Doni berswafoto dengan orang utan.
(A) - “Ris, nilaimu tepat. Bantulah saya dalam mencar ilmu matematika!” kata Salma.
(B)
Pembahasan 41 hingga dengan 45
- Tokoh-tokoh dalam kisah tersebut yakni Cici, Caki, Kuri, dan Mumut.
- Kesalahan penggunaan kata baku pada paragraf tersebut yakni specialis, mengantri, apotik, dan aktifitas.
- Urutan petunjuk cara menanak nasi dengan rice cooker:
(4) Cuci beras dalam panci rice cooker sampai bersih.
(2) Tuangkan air setinggi 1-2 ruas jari dari beras yang sudah dicuci.
(5) Masukkan panci dalam rice cooker.
(6) Tekan tombol cook pada rice cooker.
(1) Tunggu nyala lampu berpindah dari cook ke warm.
(3) Nasi yang telah matang siap untuk dicicipi. - Korban menjadikan jiwa maupun harta bencana tersebut.
menjadi
Bencana tersebut menimbulkan korban jiwa maupun harta. - Perbaikan penggunaan tanda baca antara lain:
Bu Ani berkata, “Fin, tolong antarkan kudapan manis ini ke kawasan Bu Siti ya, Nak!”
“Baik, Bu, akan segera aku antar ke kawasan Bu Siti.” kata Finta.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon