Dalam rangka mengasah kemampuan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyuguhkan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya jika tidak ada kunci balasan dan pembahasan Bahasa Indonesia paket 3.
Pada halaman ini kita akan melaksanakan pembahasan Bahasa Indonesia paket 3 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini mampu diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar Bahasa paket 3.
Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 3
Pembahasan akan dibagi menjadi 5 kalangan. Kelompok pertama 1 sampai 10, kelompok kedua 11 hingga 20, kelompok ketiga 21 sampai 30. Kelompok ketiga 31 hingga 40, dan terakhir kelompok keempat 41-45 yang merupakan soal uraian. Berikut ini pembahasan Bahasa Indonesia paket 3 secara lengkap.
Pembahasan 1 sampai dengan 10
- Makna kata teater pada paragraf tersebut yakni pementasan drama.
(B) - Antonim kata kandung pada kalimat tersebut yakni adopsi.
(A) - Enceng gondok tergolong jenis tumbuhan hidrofit alasannya adalah hidup di lingkungan perairan. (kalimat kedua)
(C) - Kalimat utama terdapat pada awal paragraf.
(A) - Ide pokok paragraf tersebut yaitu faedah tumbuhan di lingkungan sekolah.
(A) - Ringkasan paragraf tersebut yakni sayur dan buah mengandung serat, vitamin, antioksidan yang penting bagi tubuh.
(B) - Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu likuefaksi bisa berupa air yang memancar seperti air mancur.
(A) - Jenis paragraf yang didalamnya terdapat tokoh merupakan paragraf alasan.
(D) - Hal yang hendak terjadi jika Faraday tidak melakukan percobaan adalah tidak ada alat sederhana pertama yang bisa menciptakan gelombang elektromagnetik.
(D) - Persamaan kedua teks tersebut adalah rentang waktu pelaksanaan.
(B)
Pembahasan 11 sampai dengan 20
- Nilai Andi 100, yang mendapatkan 98 yaitu Budi, nilai Indra 80, nilai Indah 95, dan yang menemukan nilai 50 adalah Dinda.
(C) - Keadaan keluarga Pak Hartanto ialah sederhana dan senang.
(D) - Latar daerah dalam dongeng tersebut yaitu depan kantor satpam.
(D) - Watak Ferdian dalam dongeng tersebut yaitu bijaksana.
(D) - Makna simbol emas pada dongeng tersebut ialah juara pertama.
(B) - Makna kias kata meradang dalam puisi tersebut adalah meletus.
(B) - Akhir dongeng tersebut ialah Raja Parkit kembali lagi ke kawasan asalnya.
(C) - Amanat cerita tersebut ialah berpandai-pandailah dalam menanggulangi persoalan.
(B) - Cincing harus bersikap sopan kepada penjual kancing yang terkenal pelit dan pemarah.
(D) - Kesimpulan isi dongeng tersebut adalah Tupi menyesali perbuatannya sebab sudah mencibir Pinto.
(C)
Pembahasan 21 hingga dengan 30
- Hal yang akan terjadi bila Domba tidak mengajak si Harimau bicara ialah si Harimau memangsa si Domba alasannya mengetahui hal sebenarnya.
(C) - Nilai moral konkret dari kisah tersebut adalah berakal menghadapi suatu problem.
(D) - Keteladanan tokoh Fiso yakni menyadari kesalahannya.
(D) - Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu antibiotik.
(A) - Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni bertangan hambar.
Baca juga kumpulan perumpamaan yang sering timbul dalam ujian.
(C) - Kata yang sempurna untuk melengkapi peribahasa tersebut adalah biasa.
(A) - Urutan isyarat penggunaan pelubang kertas yang tepat yakni 1 – 3 – 2 – 4.
(B) - Kalimat yang cocok untuk melengkapi laporan tersebut yakni siswa perempuan menyapu lantai dan menata ruang kelas.
(D) - Kalimat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut yaitu hemat energi, irit biaya.
(C) - Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah kali ini aku akan memberikan hal-hal wacana usaha kemerdekaan.
(A)
Pembahasan 31 hingga dengan 40
- Urutan kalimat semoga menjadi paragraf yang padu yakni 2 – 4 – 1 – 3.
(D) - Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah memetieskan.
(A) - Perbaikan tata kalimat yang dicetak miring ialah Ia menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menyebarkan penemuannya.
(D) - Perbaikan kata yang bercetak miring ialah hektare, gubuk, produktivitas.
(D) - Kesalahan penggunaan kata baku pada teks tersebut yakni astronot, detil, dan nampak.
(B) - Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah tanda seru (!), tanda titik dua(:), dan tanda titik (.)
(C) - Tanda baca yang tepat untuk melengkapi teks tersebut yakni koma (,).
(D) - Penggunaan abjad kapital yang tepat yaitu Toko Sahabat dimiliki seorang kolonel dari Kepulauan Riau.
(D) - Penulisan sesuai kaidah yang benar untuk kalimat tersebut yaitu
Setiap warga negara dilarang memperjualbelikan hewan langka ke luar negeri.
(C) - Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat bercetak miring yakni
Anita membeli alat-alat tulis: bolpoin, spidol, kertas, dan lem.
(C)
Pembahasan 41 hingga dengan 45
- Cara menciptakan garam ialah:
a. Mengalirkan air laut ke daerah yang sudah disediakan.
b. Air laut diuapkan dengan pinjaman sinar matahari.
c. Setelah air menguap, maka terbentuklah kristal garam. - Terdapat tiga anak sedang beraktivitas di luar rumah. Andi sedang mengepel lantai. Budi sedang menyapu dengan sapu lidi. Candra sedang menyiram tumbuhan. Tanaman di sekitar rumah tampak rapi.
- Urutan pengerjaan lem:
(3) Larutkan tapioka dan air di dalam suatu panci!
(1) Aduk tapioka dan air menjadi adonan!
(2) Rebus adonan sambil dicampur!
(5) Angkat panci, kalau campuran sudah mengental!
(4) Tunggu sampai masbodoh dan siap dipakai! - tercontaminasi => terkontaminasi
inpeksi => infeksi
issolasi => isolasi - Perbaikan penggunaan aksara kapital antara lain:
Andi mengajukan pertanyaan, “Kapan paman tiba, Bu?”
“Besok tanggal 21 April, tepat pada Hari Kartini, paman akan tiba,” jawab Ibu.
Sumber ty.com
EmoticonEmoticon